PERCETAKAN SINAR BUANA (LAYANAN 24 JAM : HUBUNGI TELP. 0813 9900 2992)

Design Graphic

Warna merupakan suatu fenomena fisiologi dan psikolog yang dibentuk oleh objek, observer dan cahaya. Dalam dunia desain, warna merupakan elemen yang sangat penting dalam mengembangkan kreatisfitas. Sebagai salah satu alat komunikasi non verbal yang paling instan juga sebagai silent sales person. Selain itu dalam aplikasinya, penggunaan psikologi warna sangat penting dalam hal mencerminkan nilai daripada produk yang ditawarkan, pemuas harapan atau kebutuhan yang diharapkan oleh pembeli, penyampaian pesan dari karakter sebuah perusahaan, mudah dimengerti dan diterima secara universal. Di dunia percetakan, mengkomunikasikan warna meruapakan masalah yang sering terjadi. Istilah warna merahnya seperti merah cabe, warna biru sperti biru langit, eh…..hijaunya kayak hijau daun dong dan sebagainya sangat kita dengar bukan? Bahasa-bahasa ini sangat berisiko dalam produksi cetak oleh karena itu persepsi warna setiap orang berbeda-beda. Hal-hal yang perlu diperhatikan oleh anda (Desainer) dalam mengkomunikasikan warna adalah sebagai berikut :
  1. Gunakan panduan Color Chart dengan definisi nilai campuran dari CMYK atau warna spot dengan color chart Pantone.
  2. Hati-hati dalam memberikan perpaduan warna background pada logo produk anda.
  3. Sumber cahaya, melihat suatu gambar dengan sumber cahaya yang berbeda akan menimbulkan perbedaan warna juga. Idealnya gunakan lampu 5000-6500K.
  4. Komunikasi kertas yang akan digunakan percetakan kepada Reprohouse, terutama yang menggunakan warna background, dan antisipasi dengan mengedit warna saat membuat desain.
  5. Jangan menggunakan patakona warna dari digital printer anda yang belum dikalibrasi untuk produk cetak
Usahakan file sudah dalam format CMYK karena apabila masih dalam format RGB, saat output ke film separasi atau CtP akan menyebabkan gambar tersebut hilang, menjadi black and white ataupun “ngaco” warnanya. Ini masalah sepele tapi memang harus diperhatikan pada tahap awal penglolahan gambar karena sering kali saat konversi warna terjadi penurunan warna (drop) dari warna RGB. Untuk itu kami akan memberikan penjelasan dan telah ada kesepakatan “win win solution”. Warna Spot atau warna special adalah warna khusus yang digunakan karena keterbatasan warna proses CMYK seperti fluorescent, gold dan silver serta warna-warna lain diluar gamut CMYK. Biasanya warna special di indikasikan dengan warna Pantone untuk memudahkan komunikasi desainer. Kadang pemakaian warna special justru mengemat jumlah warna, contohnya warna hijau akan lebih baik memakai 1 warna special hijau dibandingkan dengan 2 warna cyan + yellow.

DESIGN SERVICE
Untuk menjawab kebutuhan Anda, Kami tidak hanya menerima materi dalam bentuk artwork yang sudah jadi. Bagi pelanggan yang membutuhkan jasa pembuatan artwork produk anda seperti design tersedia staf khusus untuk melayani pembuatan desain/artwork. Kalaupun dari Anda tidak bisa desain ketempat kami, ada staf kami akan datang ketempat anda untuk melayani jasa desain, semua ini tentunya didukung dengan peralatan computer Macintosh dan PC generasi terbaru untuk membantu memvisualisasikan ide dan rancangan yang diinginkan. Kami menyadari bahwa saat ini sudah banyak software grafis yang bisa digunakan untuk membuat sebuah desain atau artwork, dengan demikian para desainer diberikan keleluasaan untuk memilih mana yang hendak dipakai sesuai dengan selera dan kebutuhan software Anda.