WELCOME to SINAR BUANA PRINTING ( OFFSET PRINTING & CONTINUOUS FORM PRINTING )

STIKER STICKER

Pernahkah Anda memperhatikan pada kemasan makanan, minuman, pakaian, atau produk elektronik terdapat sebuah label atau stiker yang berisikan informasi mengenai nama barang, harga barang, kode produk, dan baris-baris hitam putih yang berurutan dan mempunyai keterangan angka di bawahnya ?

Ya, label tersebut merupakan Label Produk yang biasanya terdiri dari nama barang, harga barang, kode produk, nama toko atau produsen, bahkan kadang ada juga yang menyertakan tanggal produksi atau tanggal expired. Garis-garis yang ada pada label tersebut adalah Barcode. Suatu teknologi yang memungkinkan suatu proses input data menjadi lebih cepat, tepat dan akurat. Tapi tahukan Anda bagaimana membuat Barcode pada label tersebut ? Kita akan membahasnya di Lens ini.

Pencetakan Barcode

at dicetak pada printer ink jet, laser jet, printer thermal, dan pastinya printer khusus untuk Barcode. Pencetakan Barcode dengan menggunakan Printer Ink Jet dan Laser Jet memerlukan font barcode khusus atau aplikasi khusus yang di install pada komputer yang digunakan untuk mencetak Barcode tersebut. Hasilnya cukup bagus, tapi biasanya ada kendala kalau dibutuhkan Barcode dalam jumlah yang banyak.

Apabila menggunakan Printer Barcode maka hasil cetak yang dihasilkan oleh printer tersebut jauh bila dibandingkan dengan printer diatabisa mencetak Barcode pada media Stiker atau Label seperti Semicoated, Vallum TTR, Yupo, Silver Mate atau bahan kertas Tag. Harga Printer Barcode bervariasi mulai dari $400 sampai $1900, tergantung merk, tipe dan spesifikasi Printer Barcode itu sendiri.

Label Barcode ? Apakah diperlukan ?

Untuk kondisi tertentu seperti produk yang akan di jual di Supermarket atau produk yang akan di Import harus terdapat Label produk yang disertai Barcode sebagai salah satu standarisasi nya. Karena Barcode yang terdapat di dalam suatu produk akan mempermudah transaksi yang sudah terkomputerisasi, misalkan sistem kasir di Supermarket, terbayang bagaimana antrian yang akan terjadi apabila proses pembayaran dilakukan secara manual tanpa menggunakan teknologi Barcode karena proses input manual sangat rawan sekali kesalahan dan akurasi datanya sangat jauh dibandingkan teknologi Barcode.

DI sistem pergudangan atau proses produksi, Barcode digunakan sebagai identitas produk yang akan didata pada saat penerimaan barang, pengeluaran barang dan stock opname. Oleh karena itu Barcode sangat diperlukan sekali untuk menunjang sistem yang sudah ter komputerisasi. Oleh sebab itu tidak heran penempelan Barcode pada setiap produk menjadi sebuah kewajiban.

Label Barcode untuk Home Industry dan UKM

Akan tetapi untuk bisa membudiri untuk kebanyakan Home Industry atau UKM sedikit memberatkan mereka untuk investasi pada Printer Barcode dan Aplikasi nya. Karena biasanya untuk modal usaha mereka saja didapatkan dengan susah payah jadi untuk investasi pada alat cetak barcode mungkin akan semakin memberatkan mereka.

Di lain pihak apabila produk hasil usaha mereka tidak disertai dengan Label Produk yang terdapat Barcode didalamnya maka produk tersebut tidak bisa dijual ke Supermarket atau tidak bisa di impor ke luar negeri. Sangat disayangkan apabila hal ini menjadi kendala untuk usaha UKM di negeri kita ini, padahal sektor UKM adalah sektor yang bisa bertahan dalam menghadapi krisis ekonomi yang sering terjadi.

Jasa Cetak Barcode, sebuah solusi..

Solusi yang bisa mengatasi permasalahan diatas adalah Jasa Cetak Label Barcode. Ya, dengan cara ini pemilik usaha rumahan atau UKM tidak perlu investasi untuk Printer Barcode dan Aplikasi nya tetapi mereka tetap bisa mempunyai Label Barcode yang disertakan di setiap produk mereka. Dengan menggunakan Jasa Cetak Label Barcode seperti ini pemilik usaha memperoleh keuntungan seperti berikut ini :

- Tidak perlu investasi Printer Barcode dan Aplikasi nya.
- Tidak perlu menambah pegawai untuk mengoperasikan Printer Barcode pada saat akan mencetak Barcode
- Terhindar dari kerugian akibat kesalahan cetak.
- Bisa memesan Label Barcode secara berkala.

Jasa Cetak Label Barcode seperti ini merupakan sebuah solusi untuk kebutuhan Label Barcode yang dibutuhkan oleh usaha industri rumahan dan UKM yang tidak mempunyai dana tambahan untuk investasi sendiri Printer Barcode. Pastikan ketika Anda memilih pelaku usaha di Jasa Cetak Label adalah orang atau instasi yang telah berpengalaman di bidang Barcode dan Label agar hasilnya sesuai dengan harapan Anda.