PERCETAKAN SINAR BUANA (LAYANAN 24 JAM : HUBUNGI TELP. 0813 9900 2992)

Printer Nantinya Menggeser Dunia Usaha Percetakan Offset

Printer Nantinya Menggeser Dunia Percetakan Offset


Sampai saat ini, pencetakan dalam jumlah besar untuk keperluan packaging masih didominasi cetak offset karena penggunaan printer untuk mencetak pada media plastik atau foil masih belum memungkinkan. Tapi ini akan segera berubah dengan adanya tinta baru produksi Xerox ini.

Tinta printer yang berbentuk mirip gel ini mampu mencetak di atas plastik dan foil layaknya cat yang digunakan mesin offset. Dengan kemampuan ini, printer akan dapat bersaing dalam dunia cetak terutama untuk jumlah yang tak terlalu banyak.

Dalam sebuah berita yang dimuat TechWeb hari Jum’at (30/05/08), dikabarkan bahwa Xerox sudah memamerkan produk tinta ini pada acara Drupa printer conference di Dusseldorf, Jerman. “Kemampuan untuk mencetak pada hampir semua permukaan akan membuat banyak aplikasi dapat dijangkau oleh printer digital,” ungkap Steve Hoover, Vice President dan director dari Xerox Research Center.

Menurut Xerox, tinta ini dapat bertahan pada hampir semua permukaan karena tinta ini bukan water-based seperti layaknya tinta printer biasa. Tinta kental ini akan mengering dengan sendirinya saat terkena sinar ultraviolet menghasilkan hasil cetakan yang tajam dan berumur lama.

Untuk meng-handle tinta yang lebih padat ini, Xerox mengeluarkan print head yang dibuat dari stainless steel. Print head ini memiliki umur 10 kali lebih panjang dari print head thermal ink-jet yang ada saat ini.

Xerox masih belum memberikan tanggal dilepasnya produk yang masih dalam tahap penelitian ini. Diharapkan dengan adanya tinta ini maka printer yang jelas lebih murah dari pada mesin offset dapat dijadikan alternatif dunia cetak yang masih mengandalkan mesin offset ini.